Rabu, 26 November 2008

Guru Idolaku

Seorang guru mempunyai peranan yang sangat penting bagi para murid-muridnya. Karena seorang murid akan menjadi senang dan mudah untuk menerima pelajaran jika didukung oleh seorang guru yang menyenangkan atau guru yang ideal. Selain itu juga dengan adanya seorang guru yang menyenangkan kelas akan terasa nyaman dan tentu komunikasi antar siswa dan guru pun akan berjalan baik. Sehingga murid dapat menerima pelajaran dengan sersan (Serius Tapi Santai).
Dari pentingnya seorang guru seperti diatas maka saya dapat menyimpulkan bahwa guru ideal adalah seorang guru yang dapat mencairkan suasana baik di dalam atau di luar kelas dan guru yang dapat mengajar dengan maksimal dan juga dapat meningkatkan prestasi belajar murid muridnya.
Bagi seorang guru ideal tentu akan memiliki ciri-ciri yang tidak dimiliki oleh semua guru yang antara lain:
Memiliki kepribadian yang baik, modal utama untuk menjadi guru faforit tentu dengan memiliki kepribadian yang baik. Karena dengan kepribadian yang baik akan dapat mencerminkan sikap dan prilaku saat beliau mengajar, dan bahkan prilaku beliau dalam kehidupan sehari-hari tentunya semua kegiatan yang beliau lakukan dimanapun akan dilakukan dengan penuh rasa gembira dan penuh senyuman.
Memiliki sikap adil dan bijaksana kepada setiap murid. Adil”

( Kamus besar bahasa indonesia)
Seorang siswa tentu akan merasa senang jika guru mereka bersikap adil dan bijaksana dalam mengajar dan memberi nilai pada mereka. Tentu dengan demikian para murid pun tidak akan merasa dianak tirikan atau dibeda-bedakan antara satu dengan yang lain.
Memiliki metode belajar yang menyenangkan. Belajar tidak harus selalu ada di ruang kelas dengan suasana tegang dan terlalu serius, karena dengan kegiatan belajar mengajar seperti itu dengan terus menerus atau tanpa ada variasi, tentu murid-murid akan cepat merasa bosan. Tapi dengan adanya metode belajar yang bervariasi tidak akan cepat merasa jenuh atau bosan. Maka dari itu tentulah seorang guru ideal pasti akan memiliki metode belajar yang berbeda atau dengan penuh variasi. Dengan contoh antara lain :1.Seorang guru akan mengajak pada murid-muridnya untuk melakukan KBM di luar kelas dengan tujuan agar para murid dapat mengadakan pengamatan secara langsung di alam terbuka.
2.Seorang guru akan mengadakan permainan sebagai metode belajar atau di sebut bermain sambil belajar. Dll
Bisa menjadi guru, orang tua atau bahkan sebagai teman. Selain kedua orang tua kita di rumah, guru juga memiliki peranan sebagai orang tua kita di sekolah. Yang dimaksud sebagai teman disini bukanlah guru yang bersifat kekanak-kanakan atau bahkan murid yang bersifat tidak sopan pada guru. Tetapi sebagai teman disini memiliki pengertian sikap seorang guru yang dapat mengerti curahan hati muridnya,baik dalam hal pelajaran atau bukan dalam hal pelajaran.

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP