Rabu, 26 November 2008

PERLUNYA GURU PROFESIONAL DAN BERPENDIDIKAN

Oleh : Agustin

Profesional dalam sistem kerja seseorang telah menjadi andalan ataupun jurus keberhasilan dalam penuntasan competition. Profesional sering kita dengar dari ahli-ahli kerja atau bisnis penting. Sebenarnya setiap pekerjaan, dari ringan sampai berat memerlukan keprofesionalan. Hanya saja orang-orang mengira pekerjaan-pekerjaan penting seperti proyek-proyeksi, bisnis dan kantoran yang memerlukan sifat profesionalpadahal pekerjaan seperti bertani,supir,tambak,nelayan, bahkan pendidikan juga memerlukan sifat profesional.
Pemerintah INDONESIA telah menerapkan progam “wajar dikdas 9 tahun”. Ini berarti INDONESIA benar-benar mengepentingkan dan mengedepankan pendidikan. Oleh karena itu pemerintah terus mengadakan peninjauan untuk pendidikan bangsa lebih maju.
Pada dasarnya timbulnya masalah pendidikan disebabkan oleh niat siswa. Tapi kadang kala permasalahan pada siswa yaitu disebabkan oleh perhatian dan cara mengajar guru. Masalah-maslah bahkan lemahnya pendidikan dapat dicegah dan diatasi, terutama peran penting seorang guru. Jika ada kerjasama antara guru dan murid pastinya ada suatu dorongan yang muncul dari murid-murid.
Guru-guru dapat meningkatkan pengajaran mereka mulai awal pelajaran sampai akhir pelajaran. Umumnya waktu yang singkat dalam pelajaran di sekolah, harus benar-benar dimanfaatkan oleh guru, misalnya guru mengambil praktek-praktek di luar kelas. Guru dapat juga menggunakan alat peraga yang menarik dalam pembelajaran. Atau bisa juga para guru menunjuk satu siswa untuk memeragakan di depan kelas. Sehingga siswa yang lain juga mempunyai ketertarikan untuk mencoba memeragakan.
Metode pembelajaran adalah andalan utama menarik minat siswa. Metode pembelajaran dapat di racik sendiri oleh guru. Misalnya guru mengambil cara bebas dalam belajar. Maksudnya siswa dapat memilih objek-objek dalam praktek. Tak hanya itu saja, pergantian metode belajar juga dapat menarik belajar siswa. Misalnya antara semester satu dengan semester dua memiliki metode yang berbeda. Perganrtian guru dari semester satu kesemester dua juga mempengaruhi perubahan metode pembelajaran. Tak hanya pergantian guru perubahan jadwal pelajaran juga pasti menambah warna-warni belajar siswa.
Guru harusnya memberi contoh yang baik kepada siswa. Penampilan guru sangat penting dalam sugesti siswa. Seorang guru harus memperhatikan penampilan mereka. Apalagi kalau guru berani menaggung biaya bagi siswa yang pandai. Banyak juga siswa yang kurang biaya dalam belajar. Oleh sebab itu guru harusnya memberi keringanan biaya untuk siswa tidak mampu. Sehingga siswa-siswa mempunyai motivasi untuk bersaing dengan siswa lain.Selain cara-cara itu semua yang paling pentig adalah saran siswa. Oleh karena itu sebaiknya sekolah mengadakan pengumpulan kritik dan saran siswa. Kritik dan saran ini harus benar-benar berasal dari siswa.
Dengan perubahan-perubahan sepertiyang telah dilukiskan di atas akan ada kerjasama dan keharmonisan antara murid dan guru. Kedekatan guru dan siswa juga akan menciptakan kehidupan yang benar-benar hidup dalam lingkungan sekolah. Siswa juga merasa lebih nyaman berada di sekolah. Selain siswa dapat banyak teman, siswa juga akan bersaing positif dalam hal belajar. Siswa akan lebih mudah menerima pelajaran dengan mudah, karena selain ada kedekatan batin antara siswa dan guru, juga ada metode pembelajaran yang menarik.

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP