Jumat, 14 November 2008

MAJALAH EKSPRESI 1

Ekspresi Anda Edisi Perdana
Salam Redaksi 1
Program Sparta 2
Memacu Prestasi 4
Renungan Jiwa 8
Kisah Tokoh 12
English Corner 15
Resensi Buku 17
Info Sehat 18
Iptek 20
Aneka Sastra 22
Humoria 25
Unik Menarik 27
Cerpen 28
Teka-Teki Cerdas 30
Kreasi Lukis 31
Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Semoga hidup kita terus menuju kepada hidup yang lebih bermakna bagi dunia apalagi akhirat, demikian juga sekolah kita, SMP 2 Takeran.

Bagi para guru yang baru atau para siswa mungkin tidak atau belum terasa hidup dalam lingkungan SMP 2 Takeran. Bagaimana dengan para guru yang telah sejak awal ikut merintis berdirinya sekolah? Beliau pasti akan merasakan bahwa SMP ini telah berusia cukup matang untuk bisa berjala dengan lancar apalagi sekedar berdiri tegak.

SMP 2 Takeran dengan usianya yagng telah 20 tahun berusaha membenahi diri dengan berbagai aspek dan sisi-sisinya sehingga menjadi sebuah bangun yang tampak bagus untuk dipandang. Lebih nyaman untuk dihuni, lebih kondusif untuk menimba ilmu.

Dengan kiat-kiat bagus kepala sekolah yang baru berusaha untuk itu semua. Beliau sering mengungkapkan, hendaknya warga sekolah merasa nyaman seperti ikan di dalam kolam, bukan seperti burung dalam sangkar.

Salah satu sisi untuk itu adalah membuka wahana pencurahan rasa dan karsa. Akhirnya terbitlah majalah “EKSPRESI” ini. Tentu saja ini semua tidak dapat berjalan tanpapartisipasi seluruh warga sekolah. Untuk itu kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga.

Semoga Allah senantiasa memberikan pentunjuk dan kekuatan untuk melanjutkan ide cemerlang ini. Amien.

Wassalam
Redaksi.

MENUJU SEKOLAH UNGGULAN
Oleh: Drs. Edy Siswanto
(Kepala SMP 2 Takeran)
Dengan perubahan zaman yang begitu cepat dan tidak bisa kita bendung lagi, membuat para pendidik dibuat pusing untuk mengitkuti roda perkembangan zaman. Berbagai sekolah belomba untuk saling meningkatkan kualitas demi kelangsungan hidup sekolah masing-masing. Munculnya kelas unggulan, kelas bahasa inggris, sekolah berstandart nasional, juga internasioal dll, hanya untuk bersaing dalam mempertaruhkan keberadaannya, serta kepercayaan masyarakat.
Sekolah yang semakin banyak anak didiknya, berarti disekolah tersebut menjajikan kualitas lulusannya bisa dimanfaatkan untuk kehidupan di kelak kemudian hari. Semakin tinggi kepercayaan masyarakat semakin mudah pula untuk mengobitkan sekolah menjadi sekolah yang berprestasi dengan mengikuti kemauan masyarakat sekitar.
SMP2 Takeran berusaha untuk menjadikan sekolah yang diidam-idamkan masyarakat sekitar bahkan dari luar kota/kabupaten. Sekolah yang letaknya di pinggiran kota, harus berusaha dengan berbagai cara untuk menarik kepercayaan masyarakat sekitar baik dari segi fisik/sarana dan kualitas sumber daya manusia. Usaha tersebut antara lain seperti:

a. Gemar Membaca.
Anak didik SMP 2 Takeran diwajibkan membaca pada pagi hari sebelum pelajaran dimulai dan lambat laun juga waktu istirahat disunahkan untuk membaca. Kita orang Islam sudah barang tentu tidak asing, bahwa Nabi Kita Muhammad menerima wahyu yang pertama di Gua Hira’ adalah “Iqro” yang artinya membaca. Sehingga perintah itu bukan semata-mata program Sparta (SMP 2 Takeran), namun melanjutkan perintah Tuhan yang sering kita abaikan keberada-annya. Tidak ada tempat bagai anak didik Sparta untuk tidak membaca di wilayah persatuan Sparta.
b. Perpustakaan kelas.
Dalam meningkatkan gemar membaca, sekolah akan berusaha sekuat tenaga untuk mempebanyak buku-buku bacaan ringan, baik di perpustakaan umum maupun kelas. Untuk perpustakaan kelas diusahakan setiap bulan akan ada penambahan buku dari anak bahkan bisa berlangganan majalah untuk dikoleksi tiap kelas.
c. Majalah Dinding.
Untuk meningkatkan daya saing anak dalam berkarya, disediakan papan mading tiap kelas. Mading harus diisi tiap kelas. Dan paling tidak diganti setiap bulan sekali. Kelas yang terbaik akan mendapatkan hadiah buku dari wali kelas/sekolah. Pengelolaannya diserahkan ke kelas masing-masing.
d. Majalah Sekolah.
Karena seringnya membaca, akan timbul di benak anak untuk menulis yang bisa dituangkan dalam majalahnya sendiri. Selain untuk meningkatkan kreativitas dalam bidang tulis menulis juga membekali anak untuk memasyarakatkan gemar membaca dan senang menulis di kalangan keluarga dan masyarakat sekitar.
e. Taman Kelas.
Kreativitas siswa tidak hanya di bidang baca dan tulis namun diserahi tugas untuk mengelola taman kelasnya masing-masing. Kegiatan ini akan tiap tahun akan mencari kelas yang akan dinobatkan meraih piala kalpataru bergilir.
Selain taman kelas berfungsi untuk keindahan, juga bisa digunakan untuk proses belajar mengajar.
f. Taman Pramuka.
Penataan area SPARTA yang sangat luas memerlukan pengaturan yang terencana sehingga dapat menimbulkan kenyamanan dan keamanan warga Sparta, “bagaikan ikan di dalam air bukannya burung di dalam sangkar”. Diharapkan warga sekolah betah di sekolah sehingga betul-betul memudahkan peningkatan kualitas pendidikan optimal yang “berwawasan global dan berkreasi lokal”.
g. Taman Bermain.
Taman bermain bertujuan untuk membuat anak betah di sekolah, sehingga anak merasa nyaman dan bisa berkreasi dan berkarya sesuai dengan bakat masing-masing. Seiring dengan perkembangan zaman SMP 2 Takeran memberikan seluas-luasnya kepada anak untuk untuk memupuk bakat mi-nat yang akan digelar setiap hari Sabtu.
Sedangkan sarana prasarana yang bisa dinikmati adalah :
1. Lapangan Bola Voli.
2. Lapangan Basket
3. Lapanga tenis meja/lapangan
4. Badminton
5. Masjid
6. Alat Musik Hadrah
7. Tenis meja
8. Sepak bola.
h. Sekolah Bernuansa Pondok
Tuntunan masyarakat yang menginginkan generasi muda tidak hanya pandai dalam berpikir tetapi juga punya hati yang jernih serta sikap yang sopan, merupakan tuntutan yang tidak bisa ditawar lagi. SMP 2 TAKERAN akan berusaha semaksimal mungkin mengkondisikan “sekolah yang pondok, guru ya ustad/ustadhah juga murid ya santri”. Diharapkan setelah lulus, anak juga bisa hapal 38 surat yang ada di Buku Juz ’Amma.
i. Kelas Bahasa Inggris.
Bertujuan :
- Untuk mempersiapkan anak bisa lancar bahasa inggris.
- Bisa masuk ke sekolah berstandart
Internasional di Kota Madiun.
- Membekali anak untuk menjadi TKI
- Meningkatkan kepercayaan masya-rakat terhadap SMP 2 TAKERAN
j. Karya Ilmiah Remaja
Kepedulian terhadap lingkungan membuat anak-anak ingin sekali mengetahui fenomena kehidupan di sekitar, dengan mengadakan bebagai penelitian dan observasi serta kunjungan, sehingga akan menambah wawasan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
Hasil penelitian siswa akan dipublikasikan pada majalah sekolah secara berkala, sehingga semakin temotivasi untuk berkreasi dan beraksi.
Dengan segala usaha untuk meningkat-kan kualitas pendidikan di Magetan bagian timur yang berdekatan dengan Madiun ini, diharapkan benar akan semakin bermanfaat bagi semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, dan masa depan para siswa sendiri. Semoga Allah SWT. Mengabulkan dan meridhainya. Amien.
Belajar tanpa berpikir tidak ada gunanya, sedangkan berpikir tanpa belajar adalah berbahaya.

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP