Jumat, 14 November 2008

MODEL PEMBELAJARAN

Examples non Examples

Contoh dapat diambil dari kasus / gambar yang relevan dengan SK/KD

Langkah-langkah:
1. Guru mempersiapkan gambar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Guru membagi kelas atas kelompok-kelompok (2 -3 orang)
3. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan di OHP
4. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada siswa untuk memperhatikan / menganalisa gambar
5. Kelompok melakukan diskusi untuk menganalisa gambar dan mencacat hasilnya
6. Tiap kelompok diberi kesempatan untuk melaporkan hasilnya dan kelompok lain mengomentarinya
7. Guru mulai menjelaskan materi sesuai sesuai tujuan yang ingin dicapai (guru dapat mulai dari hasil diskusi siswa)
8. Kesimpulan


Picture and Picture

Langkah-langkah:
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan meteri sebagai pengantar
3. Guru menunjukkan / memperlihatkan gambar-gambar yang disusun secara acak
4. Guru menunjuk siswa secara bergantian untuk megurutkan gambar-gambar menjadi urutan logis
5. Guru menanyakan alasan / dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6. Dari alasan /urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep / materi yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7. Kesimpulan / rangkuman


Numbered Heads Together (Kepala Bernomor)
(Spencer Kagan, 1992)

Langkah-langkah:
1. Siswa dibagi dalam kelompok dan setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor
2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap kelompok dapat mengerjakan / mengetahui jawabannya
4. Guru memanggil salah satu nomor siswa untuk melaporkan hasil kerjasama mereka
5. Teman dari kelompok lain diminta menanggapi
6. Guru menunjuk nomor yang lain untuk melaporkan (No. 4)
7. Kesimpulan





Cooperative Script
(Dansereau CS, 1985)
adalah metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari

Langkah-langkah:
1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru membagikan wacana / materi kepada siswa untuk dibacakan dan siswa lain membuat ringkasan
3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4. Pembicara menyampaikan ide-ide pokok kemudian membacakan ringkasannya selengkap mungkin.
Pendengar: a) menyimak/mengoreksi sekaligus menambah atau
mengurangi ide-ide pokok yang disampaikan pembicara
b) membantu mengingatkan pembicara apabila ada hal-hal
yang terlupakan dalam menghubungkan ide-ide pokok
5. Pembicara dan pendengar saling bertukar peran
6. Kesimpulan guru
7. Penutup



Kepala Bernomor Struktur
(Modifikasi dari Number Heads)

Langkah-langkah:
1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor
2. Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai
Misalnya: Siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal, dan. Siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaannya dan seterusnya.
3. Jika perlu, guru dapat meminta siswa bekerjasama anatar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung dengan beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam hal ini diharapkan siswa dengan tugas yang sama dapat saling membantu atau mencocokkan hasil kerjasama mereka
4. Laporan hasil kelompok dan tanggapan dari kelompok lain
5. Kesimpulan







Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
Tim Siswa - Kelompok Prestasi (Slavin, 1995)

Langkah-langkah:
1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, agama dll.)
2. Guru menyajikan pelajaran
3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu. Anggota yang tahu menjelaskan kepada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti
4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis/pertanyaan tidak boleh saling membantu
5. Guru memberi evaluasi
6. Penutup

Problem Based Introduction (PBI)
(Pembelajaran Berdasarkan Masalah)
PBI memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa. Peran guru menyajikan maslah, mengajukan pertanyaan, dan memfasilitasi penyelidikan / dialog.

Langkah-langkah:
1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistic yang dibutuhkan, serta memotivasi siswa agar terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih
2. Guru membantu siswa mendefinisikan danmengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topic, tugas, jadwal, dlsb)
3. Guru memdorong siswa mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan Eksperimen untuk mendapatkan penjlasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, dan pemecahan masalah
4. Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

Artikulasi
Langkah-langkah:
1. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan materi sebgaimana biasa
3. Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4. Suruhlah seorang dari pasangan tersebut menceritakan materi yang baru diterima dari guru. Siswa pasangannya mendengarkan sambil membuat catatan-catatan keci, kemudian berganti peran.
5. Suruhlah siswa (secara acak) untuk menyampaikan hasil kerjanya (pada nomor 4). Suruhlah siswa lain sehingga semua kelompok menyampaikan laporannya
6. guru mengulangi/ menjelaskan/ mempertegas kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
7. Kesimpulan / penutup

Mind Mapping
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mengemukakan konsep / permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa (sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban)
3. membentuk kelompok yang anggotanya 2 – 3 orang
4. Tiap kelompokmenginventarisasi / mencatat alternative jawaban hasil diskusi
5. Tiap kelompok (secara acak) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan serta mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
6. Dari dat-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bimbingan sesuai dengan konsep yang disediakan guru

Jigsaw (Model Tim Ahli)
(Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, and Snapp, 1978)

Langkah-langkah:
1. Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 angota tiap tim (Kelompok Asal)
2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3. Tiap orang dalam tim membaca bagian materi yang ditugaskan
4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (Kelompok Ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan secara bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka diskusikan di kelompok ahli
6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusinya
7. Guru mengevaluasi
8. Penutup


Talking Stick
Langkah-langkah:
1. Guru menyiapkan sebuah tongkat
2. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi yang sudah disiapkan guru (buku paket/lainnya)
3. Setelah selesai no. 2, siswa diminta menutup bukunya
4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa. Si pemegang tongkat harus menjawab pertanyaan yang diberikan guru. Demikian sterusnya sampai sebagian siswa mendapat bagian untuk menjawab pertanyyan dari guru.
5. Guru memberikan kesimpulan
6. Penutup



Make – A Match (Mencari Pasangan)
(Lorna Curran, 1994)

Langkah-langkah:
1. Guru menyiapka beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topic yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3. Tiap siswa memikirkan jawaban / soal dari kartu yang dipegang
4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartu soal
5. Setiap siswa yang dapat menemukan / mencocokkan kartunya sebelum batasktu yang ditentukan diberi poin
6. Setelah satu babk kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7. Demikian seterusnya
8. Kesimpulan / penutup

Think Pair and Share
(Frank Lyman, 1985)

Langkah-langkah:
1. Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
2. Siswa diminta untuk berpikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
3. Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (dalam kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
4. Guru memimpin pleno (diskusi), tiap kelompok diminta mengemukakan hasil diskusinya
5. Berawal dri kegiatan tersebut mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa
6. Guru memberi kesimpulan
7. Penutup


Debate
Langkah-langkah:
1. Guru membagi dua kelpompok peserta debat, yang satu kelompok pro dan yang lain kelompok kontra
2. Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok tersebut
3. Setelah membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara.
4. Kelompok kontra diminta memberi tanggapan/membalas. Demikian seterusnya
5. Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
6. Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
7. Dari dat-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topic yang ingin dicapai

Role Playing
Langkah-langkah:
1. Guru menyiapkan/menyusun scenario yang akan ditampilkan
2. Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari scenario dua hari sebelum KBM dilaksanakan
3. guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
4. Membarikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran
5. Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan scenario yng sudah dipersiapkan
6. Masing-masing siswa duduk dikelompokknya masing-masing sambil memperhatikan/mengamati scenario yang sedang diperagakan
7. Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
8. Masing-masing kelompok menyanpaikan hasil kesimpulannya
9. Guru memberikan kesimpulan secara umum
10. Evaluasi
11. Penutup

Group Investigation (Sharan, 1992)
Langkah-langkah:
1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok hiterogen
2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugasu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus kesimpulan
7. Evaluasi – penutup


Snowball Throwing
Langkah-langkah:
1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
4. Setiap siswa diberi satu lembar kerja untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5. Kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa lainnya selama ‡5 menit
6. Setelah siswa mendapat satu bol/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
7. Guru memberikan simpulan
8. Evaluasi / Penutup

Student Facilitator and Explaining
(Siswa mempresentasikan ide / pendapat pada rekan peserta lainnya)

Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3. Memberikan kesempatan kepada siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya, baik melalui bagan / peta konsep maupun lainnya
4. Guru menyimpulkan ide / pendapat
5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup


Explicit Instruction (Pengajaran Langsung)
(Rosenshina & Stevens, 1986)
Pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan procedural dan pengetahuan deklaratif yuanbg dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah

Langkah-langkah:
1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan
3. Membimbing pelatihan
4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
5. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan



Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC) /Kooperatif Terpadu membaca dan Menulis (Steven & Slavin, 1995)

Langkah-langkah:
1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen
2. Guru memberikan wacana/klipoing sesuai dengan topic pembelajaran
3. Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan teradap wacana wacana/kliping dan ditulis pada elembar kertas
4. mempresentasikan/membacakan hasil diskusi kelompok
5. Guru membuat kesimpulan bersama
6. Penutup








INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE
(LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR)
OLEH SPENCER KAGAN
“Siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”

Langkah-langkah :
1. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
3. Dua siswa berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bias dilakuykan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4. Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam, sehingga masing-masing siswa mendapat pasangan baru.
5. Sekarang giliran siswa yang berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya.

Contoh Kartu :
- Perusahaan ini tanggung jawabnya tidak terbatas
- Dimiliki oleh satu orang
- Struktur organisasinya tidak resmi
- Bila untung dimiliki, diambil sendiri

• Nah, siapakah aku?

Jawaban : PERUSAHAAN PERSEORANGAN


Kartu Arisan
MEDIA ;
• Buat kartu (10 x 10 cm) sejumlah siswa untuk menulis jawaban dan dan kartu kertas (5 x 5 cm) untuk menulis soal.
• Gelas

Langkah-langkah :
1. Bentuk kelompok ± 4 orang secara heterogen
2. Bagikan kertas jawaban kepada siswa masing-masing 1 lembar. Kartu soal digulung dan dimasukkan dalam gelas
3. Gelas yang telah berisi gulungan soal dikocok, kemudian salah satu yang jatuh dibacakan. Siswa yang memegang jawaban yang sesuai dengan kartu soal agar membacakan jawabannya.
4. Apabila jawaban siswa benar, maka siswa lainnya diminta bertepuk tangan atau meneriakkan yel-yel tertentu.
5. Setiap jawaban yang benar diberi poin 1 sebagai nilai kelompok sehingga nilai total kelompok merupakan penjumlahan poin dari para anggotanya
6. Dan seterusnya

WORD SQUARE
Media : - Buatlah kotak sesuai dengan keperluan
- Buatlah soal sesuai dengan materi

Langkah-langkah :
1. Sampaikan meteri sesuai dengan kompetensi
2. Bagikan lembar kegiatan sesuai contoh
3. Siswa disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4. Berikan poin setiap jawaban dalam kotak

Contoh :
Soal :
1. Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara . . .
2. . . . digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.
3. Uang . . . saat ini banyak dipalsukan
4. Nilai bahan pembuatan uang disebut . . .
5. Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang / jasa disebut nilai . . .
6. Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebut . .
7. Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai . . .
8. Dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual-beli disebut motif . . .
9. Perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang disebut . . .

SCRAMBLE
Media : - Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan materi
- Buatlah jawaban yang huruf-hurufnya diacak
Langkah-langkah
1. Guru menyajikan materi pelajaran sesuai dengan TPK
2. Guru membagikan lembar kerja

Contoh : Susunlah huruf-huruf pada kolom B sehingga merupakan kata kunci
(jawaban) dari pernyataan kolom A.
No A B
1

2
3
4
5

6

7
8

9 Sebelum mengenal uang, orang melakukan pertukaran dengan cara . . . .
. . . digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.
Uang . . . saat ini banyak dipalsukan.
Nilai bahan pembuatan uang disebut . . . .
Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang / jasa disebut nilai . . . .
Nilai perbandingan uang dalam negeri dengan mata uang asing disebut . . . .
Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai . . . .
Dorongan sesorang menyimpan uang untuk keperluan jual-beli disebut motif . . . .
Perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di bank untuk membayar sejumlah uang disebut . . . . TARREB / . . . .

GANU / . . . .
TRASEK / . . . .
KRISTINI / . . . .
LIRI / . . . .

SRUK / . . . .

MINALON / . . . .

SAKSITRAN / . . .


KEC / . . . . .


TAKE AND GIVE

Media :
1. Kartu ukuran 10 X 15 cm sejumlah peserta.
2. Tiap kartu berisi sub materi yang berbeda dengan kartu lainnya
3. Kartu control sejumlah siswa, contoh nama siswa sub materi
Nama yang diberi
1. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2. . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . .

Langkah-langkah :
1. Siapkan kelas sebagaimana mestinya
2. Jelaskan materi sesuai TPK ± 45 menit
3. Untuk memantapka penguasaan peserta, tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) ± 5 menit.
4. Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu masing-masing. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu kontrol.
5. Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing.
6. Untuk mengevaluasi keberhasilan, berikan siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya (kartu orang lain)
7. Strategi ini dapat dimodifikasikan sesuai keadaan
8. Kesimpulan

CONCEPT SENTENSE
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan tujuan
2. Guru menyajikan materi secukupnya
3. Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen
4. Menyajikan beberapa kata kunci sesuai dengan materi / TPK yang disajikan
5. Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci/kalimat
6. Hasil diskusi kelompok diskusikan lagi secara pleno dengan dipandu guru
7. Kesimpulan

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP